Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Partisipasi Aktif Women Research Institute pada Global Forest Watch Summit 2019 di Washington, DC

    Global Forest Watch Summit 2019 merupakan acara pertemuan lembaga-lembaga praktisioner dan inovator di bidang monitoring hutan yang telah diselenggarakan pada 18-19 Juni 2019 di Marvin Center, George Washington University. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan komunitas yang berdedikasi untuk mengimplementasikan pendekatan monitoring yang berbasis teknologi dalam melihat perkembangan pengelolaan hutan, konservasi dan restorasi.   Women Research Institute yang merupakan mitra dari World Resources Institute diundang untuk berpartisipasi dalam kegiatatan GFW Summit dan mendapatkan berbagai pengalaman berupa berjejaring, dan membagikan serta bertukar pengalaman dan pengetahuan terkait alat monitoring hutan kepada lembaga mitra World Resources Institute lain.

Pada tahun 2016, Women Research Institute melakukan studi terkait dampak kabut asap khususnya bagi perempuan di Pekanbaru. Berdasarkan hasil studi tersebut ditemukan bahwa tidak ada kebijakan yang jelas dan ketidakpastian upaya penanggulangan dari pemerintah menjadikan masalah kabut asap semakin berlarut-larut dan menimbulkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, dalam upaya meminimalisasi terjadinya dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, masyarakat perlu membangun sistem ketahanan komunitas untuk mencegah kebakaran hutan dengan meningkatkan peran mereka dalam mengawasi perubahan kondisi hutan di sekitarnya. Dengan adanya peningkatan kesadaran, masyarakat dapat berkontribusi melakukan upaya pencegahan sebelum kebakaran semakin menyebar. 

 

 

Dalam hal ini, Women Research Institute bersama World Resources Institute melakukan program peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat Pekanbaru, khususnya perempuan untuk dapat melakukan pencegahan bersama agar tidak mengalami dampak dari kabut asap. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan media komik yang bertajuk "Dampak Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut". Pengembangan media berupa komik dilakukan agar data-data dampak dari kabut asap dapat dipahami seluruh elemen masyarakat melalui visualisasi gambar, menggambarkan situasi dampak kabut asap dan disebarluaskan kepada komunitas lainnya. 

 

 Unduh Media Informasi WRI berupa komik, dalam tautan berikut: Komik Dampak Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut

Publikasi Terbaru

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini