Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Keterwakilan Perempuan di Parlemen

    Hingga saat ini hanya ada sekitar 18 persen anggota parlemen perempuan di seluruh dunia. Padahal salah satu target penting Millenium Development Goals (MDGs) 2015 adalah keterwakilan kaum perempuan di parlemen. Target keterwakilan perempuan di parlemen menjadi amat penting ketika perempuan menjadi subjek yang memiliki otoritas dalam pembuatan kebijakan, selain untuk memenuhi target MDGs juga target pembangunan lainnya.

Pada tahun 2016, Women Research Institute melakukan studi terkait dampak kabut asap khususnya bagi perempuan di Pekanbaru. Berdasarkan hasil studi tersebut ditemukan bahwa tidak ada kebijakan yang jelas dan ketidakpastian upaya penanggulangan dari pemerintah menjadikan masalah kabut asap semakin berlarut-larut dan menimbulkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, dalam upaya meminimalisasi terjadinya dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, masyarakat perlu membangun sistem ketahanan komunitas untuk mencegah kebakaran hutan dengan meningkatkan peran mereka dalam mengawasi perubahan kondisi hutan di sekitarnya. Dengan adanya peningkatan kesadaran, masyarakat dapat berkontribusi melakukan upaya pencegahan sebelum kebakaran semakin menyebar. 

 

 

Dalam hal ini, Women Research Institute bersama World Resources Institute melakukan program peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat Pekanbaru, khususnya perempuan untuk dapat melakukan pencegahan bersama agar tidak mengalami dampak dari kabut asap. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan media komik yang bertajuk "Dampak Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut". Pengembangan media berupa komik dilakukan agar data-data dampak dari kabut asap dapat dipahami seluruh elemen masyarakat melalui visualisasi gambar, menggambarkan situasi dampak kabut asap dan disebarluaskan kepada komunitas lainnya. 

 

 Unduh Media Informasi WRI berupa komik, dalam tautan berikut: Komik Dampak Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut

Publikasi Terbaru

  • Laporan Penelitian:Kajian Mendalam Perbedaan Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan

    Yayasan Women Research Institute (WRI) dengan dukungan USAID CEGAH menyelenggarakan penelitian yang bertajuk Kajian Mendalam Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan di Provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018. Sektor kesehatan dipilih sebagai fokus dari sektor yang akan dikaji dalam penelitian ini karena pemerintah memiliki lebih banyak program kesehatan untuk perempuan dibandingkan laki-laki, misalnya program kesehatan reproduksi, program kesehatan untuk...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini