Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Keterwakilan Perempuan di Parlemen

    Hingga saat ini hanya ada sekitar 18 persen anggota parlemen perempuan di seluruh dunia. Padahal salah satu target penting Millenium Development Goals (MDGs) 2015 adalah keterwakilan kaum perempuan di parlemen. Target keterwakilan perempuan di parlemen menjadi amat penting ketika perempuan menjadi subjek yang memiliki otoritas dalam pembuatan kebijakan, selain untuk memenuhi target MDGs juga target pembangunan lainnya.

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau telah terjadi secara berulang sejak tahun 1997. Kejadian terpararah terjadi pada tahun 2015 lalu, saat bencana kabut asap berlangsung selama bulan Juni - Oktober. Meskipun bukan merupakan daerah sumber kebakaran hutan dan lahan, Kota Pekanbaru justru menjadi daerah/kota yang paling parah terkena dampak kabut asap. 

 

WRI dalam hal ini melakukan penelitian di tahun 2016 untuk melihat bagaimana dampak kebakaran dan kabut asap terhadap perempuan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa setidaknya terdapat lima dampak dari bencana tersebut yaitu berdampak pada lingkungan, kesehatan, pendidikan, anggaran dan ekonomi. Dari berbagai dampak, WRI menemukan kasus-kasus yang dituliskan secara khusus. 

 

Dalam konteks anggaran, terbukti bahwa komitmen pemerintah masih rendah. Temuan penelitian ini ditulis dalam factsheet series kabut asap bertajuk Anggaran. Terdapat empat subtopik temuan yaitu dampak kebakaran yang besar, tapi respons pemerintah yang masih minimal; anggaran belum mengakomodasi semua kelompok rentan yang terdampak sampai tidak tersedianya alokasi anggaran khusus darurat kabut asap kota Pekanbaru. Padahal, berdasarkan penelusuran WRI, Pemerintah daerah wajib menyiapkan anggaran penanggulangan bencana. 

 

Simak informasi lengkap hasil penelitian pada dokumen berikut: Lembar Fakta_Seri Kabut Asap_Anggaran

 

 

 

 

 

 

Publikasi Terbaru

  • Laporan Penelitian:Kajian Mendalam Perbedaan Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan

    Yayasan Women Research Institute (WRI) dengan dukungan USAID CEGAH menyelenggarakan penelitian yang bertajuk Kajian Mendalam Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan di Provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018. Sektor kesehatan dipilih sebagai fokus dari sektor yang akan dikaji dalam penelitian ini karena pemerintah memiliki lebih banyak program kesehatan untuk perempuan dibandingkan laki-laki, misalnya program kesehatan reproduksi, program kesehatan untuk...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini