Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Keterwakilan Perempuan di Parlemen

    Hingga saat ini hanya ada sekitar 18 persen anggota parlemen perempuan di seluruh dunia. Padahal salah satu target penting Millenium Development Goals (MDGs) 2015 adalah keterwakilan kaum perempuan di parlemen. Target keterwakilan perempuan di parlemen menjadi amat penting ketika perempuan menjadi subjek yang memiliki otoritas dalam pembuatan kebijakan, selain untuk memenuhi target MDGs juga target pembangunan lainnya.

Rhonda Sharp, seorang Professor dalam bidang ekonomi dari Australia merupakan pioner dalam mengangkat pentingnya isu gender budget bersama Debbie Budlender. Tulisannya 'How to do a Gender-Sensitive Budget Analysis: Contemporary Research and Practice' ditulis bersama Debbie Budlender dan Kerri Allen, diterbitkan oleh Australian Agency for International Development; Commonwealth Secretariat, Canberra, 1998.

 

Saat ini Rhonda Sharp bersama Diane Elson yang juga seorang Professor di bidang ekonomi dari Essex University, UK sedang melakukan penelitian mengenai isu gender budget. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memformulasikan Tools mengenai gender budget untuk materi pelatihan bagi LAPIS (Learning Assistance Program for Islamic Schools) sebagai dukungan terhadap lembaga-lembaga pendidikan, lembaga agama, seperti IAIN, Departemen Agama dll. Pelatihan yang dimaksud adalah memberikan capacity building dalam mendorong pelaksanaan program-program gender budget.

 

Penelitian ini hendak melihat sejauh mana program gender budget dilakukan di Indonesia. Terkait dengan penelitian ini, ia mengunjungi WRI pada 20 Februari 2009 di kantor WRI di Jakarta. Rhonda Sharp memilih WRI untuk mendapatkan informasi seputar hal tersebut, karena WRI merupakan salah satu organisasi yang bekerja dalam isu gender budget. WRI berbagi pengalaman mengenai program-program yang sedang dijalankan, misalnya program kerjasama WRI dengan Health Services Program (HSP), WRI dengan UNFPA juga program kerjasama dengan The Ford Foundation. ***

 

Professor Rhonda Sharp 
Division of Education, Arts and Social Sciences
Hawke Research Institute for Sustainable Societies
University of South Australia

Publikasi Terbaru

  • Laporan Penelitian:Kajian Mendalam Perbedaan Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan

    Yayasan Women Research Institute (WRI) dengan dukungan USAID CEGAH menyelenggarakan penelitian yang bertajuk Kajian Mendalam Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan di Provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018. Sektor kesehatan dipilih sebagai fokus dari sektor yang akan dikaji dalam penelitian ini karena pemerintah memiliki lebih banyak program kesehatan untuk perempuan dibandingkan laki-laki, misalnya program kesehatan reproduksi, program kesehatan untuk...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini