Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

PENGUMUMAN HASIL PELELANGAN UMUM

Nomor: 169/ Ekst/YWRI/Nas/VIII/2017

 

  1. Latar Belakang

Yayasan Women Research Institute bekerjasama dengan MCAI dalam  Program Pengelolaan Hutan untuk Kesejahteraan Perempuan merupakan Proyek kerja sama antara MCA-Indonesia, Konsorsium Yayasan WRI (Women Research Institute),  Walhi Sumatera Barat  dan Yayasan PENA Kalimantan Barat. Dengan mekanisme manajemen konsorsium, YWRI sebagai pimpinan konsorsium melakukan koordinasi program dan pengurusan administrasi dokumen serta keuangan. Program tersebut akan dilakukan selama 18 bulan terhitung July 2016 hingga Desember 2017. Dalam rangka mewujudkan organisasi yang transparan dan akuntabel, YWRI akan mengadakan audit program sesuai mandat  dalam kontrak kerjasama antara Konsorsium YWRI dengan MCAI melalui proses audit program dan keuangan periode July 2016 – Juni 2017. Untuk mendukung hal tersebut, maka Konsorsium YWRI membutuhkan pengadaan akuntan publik. 

Program Pengelolaan Hutan untuk Kesejahteraan Perempuan – Procurement: Request for  Quotation Machine

 

Program Pengelolaan Hutan untuk Kesejahteraan Perempuan merupakan Proyek kerja sama antara MCA-I, Yayasan WRI (Women Research Institute), dan Walhi Sumatera Barat yang berlokasi di Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Tujuan program ini adalah peningkatan produktivitas perempuan melalui pengelolaan lahan yang berkelanjutan. Untuk mendukung kegiatan dengan sasaran kelompok petani perempuan dalam mengolah komoditas kakao menjadi produk cokelat, Konsorsium YWRI membutuhkan pengadaan barang berupa mesin pengolahan cokelat untuk 3 unit usaha.

Women Research Institute (WRI) Membutuhkan Sekretaris

Women Research Institute (WRI) adalah lembaga penelitian yang melakukan berbagai studi di bidang politik, sosial dan budaya dengan menggunakan analisa gender. Program-program kerja yang dijalankan meliputi program penelitian, publikasi, peningkatan kapasitas dan promosi serta implementasi anggaran berkeadilan gender (gender budgeting). WRI melakukan penelitian dan pengkajian yang berhubungan dengan upaya untuk memperluas akses perempuan terhadap sumber daya dan pengambilan keputusan, meningkatkan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan, dan memberdayakan para wakil perempuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan, selain itu mendorong perempuan berperan aktif dalam proses pengelolaan lahan dan proses pengambilan kebijakan akan penggunaan dan pengelolaan lahan, lingkungan hidup, climate change, dan konsesi hutan. Penelitian dan pengkajian yang dilakukan WRI menggunakan metodologi feminis.

Seminar Publik "Menguatnya Kepemimpinan Perempuan di Tengah Keterbukaan Politik" dan Peluncuran Panduan Pelatihan "Kepemimpinan Perempuan"
Kamis, 17 September 2015, Pkl. 09.00 – 13.00 WIB, Hotel Grand Kemang

Kepemimpinan perempuan pada dasarnya tidak dapat dilihat hanya dalam konteks yang sempit. Meski kepemimpinan perempuan secara struktural pada sektor publik belum terjadi secara meluas, namun kita dapat melihat bahwa proses transformasi sosial mampu mendorong munculnya aktor-aktor sebagai pemimpin dalam gerakan perempuan di tingkat akar rumput. Kepemimpinan perempuan mampu mempengaruhi dan mendorong terjadinya sebuah perubahan di masyarakat meskipun sering tidak terlihat.


Di tengah keterbukaan politik saat ini, peran perempuan semakin menguat, meskipun kesetaraan gender secara substansi masih belum tercapai karena masih banyaknya tantangan yang dihadapi oleh perempuan, baik di ranah publik maupun ranah privat. Pengaruh kepemimpinan dan upaya untuk menghadirkan relasi yang lebih setara di ranah privat masih memerlukan kerja yang lebih keras agar dampaknya sama terlihatnya dengan pemberdayaan perempuan di ranah publik. Dengan demikian peran kepemimpinan perempuan, perlu dipahami dalam konteks yang luas dengan melibatkan berbagai pihak dalam proses transformasi tersebut, sehingga agenda-agenda dan bentuk-bentuk kuasa yang dijalankannya dapat dipahami secara kontekstual.

Sehubungan dengan hal tersebut, Women Research Intitute (WRI) dengan dukungan Hivos mengundang rekan-rekan sekalian hadir dalam Seminar Publik bertajuk “Menguatnya Kepemimpinan Perempuan di Tengah Keterbukaan Politik.“ Dalam kesempatan seminar ini juga akan diluncurkan Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan yang telah diujicobakan dalam pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang diadakan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah penelitian WRI, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta.

Adapun acara seminar akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis, 17 September 2015
Waktu         : Pkl. 09.00 – 13.00 WIB
Tempat       : Hotel Grand Kemang, Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta Selatan

Konfirmasii: Dewi Bustami Hp. 081286102983
Telp. (021) 79187149, 7987345; Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

download:

Undangan Publik Seminar WRI_17 September 2015.jpg

 

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini