Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Seminar Publik "Menguatnya Kepemimpinan Perempuan di Tengah Keterbukaan Politik" dan Peluncuran Panduan Pelatihan "Kepemimpinan Perempuan"
Kamis, 17 September 2015, Pkl. 09.00 – 13.00 WIB, Hotel Grand Kemang

Kepemimpinan perempuan pada dasarnya tidak dapat dilihat hanya dalam konteks yang sempit. Meski kepemimpinan perempuan secara struktural pada sektor publik belum terjadi secara meluas, namun kita dapat melihat bahwa proses transformasi sosial mampu mendorong munculnya aktor-aktor sebagai pemimpin dalam gerakan perempuan di tingkat akar rumput. Kepemimpinan perempuan mampu mempengaruhi dan mendorong terjadinya sebuah perubahan di masyarakat meskipun sering tidak terlihat.


Di tengah keterbukaan politik saat ini, peran perempuan semakin menguat, meskipun kesetaraan gender secara substansi masih belum tercapai karena masih banyaknya tantangan yang dihadapi oleh perempuan, baik di ranah publik maupun ranah privat. Pengaruh kepemimpinan dan upaya untuk menghadirkan relasi yang lebih setara di ranah privat masih memerlukan kerja yang lebih keras agar dampaknya sama terlihatnya dengan pemberdayaan perempuan di ranah publik. Dengan demikian peran kepemimpinan perempuan, perlu dipahami dalam konteks yang luas dengan melibatkan berbagai pihak dalam proses transformasi tersebut, sehingga agenda-agenda dan bentuk-bentuk kuasa yang dijalankannya dapat dipahami secara kontekstual.

Sehubungan dengan hal tersebut, Women Research Intitute (WRI) dengan dukungan Hivos mengundang rekan-rekan sekalian hadir dalam Seminar Publik bertajuk “Menguatnya Kepemimpinan Perempuan di Tengah Keterbukaan Politik.“ Dalam kesempatan seminar ini juga akan diluncurkan Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan yang telah diujicobakan dalam pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang diadakan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah penelitian WRI, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta.

Adapun acara seminar akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis, 17 September 2015
Waktu         : Pkl. 09.00 – 13.00 WIB
Tempat       : Hotel Grand Kemang, Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta Selatan

Konfirmasii: Dewi Bustami Hp. 081286102983
Telp. (021) 79187149, 7987345; Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

download:

Undangan Publik Seminar WRI_17 September 2015.jpg

 

Publikasi Terbaru

  • Laporan Penelitian:Kajian Mendalam Perbedaan Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan

    Yayasan Women Research Institute (WRI) dengan dukungan USAID CEGAH menyelenggarakan penelitian yang bertajuk Kajian Mendalam Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan di Provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018. Sektor kesehatan dipilih sebagai fokus dari sektor yang akan dikaji dalam penelitian ini karena pemerintah memiliki lebih banyak program kesehatan untuk perempuan dibandingkan laki-laki, misalnya program kesehatan reproduksi, program kesehatan untuk...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini