Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Sumber: Kompas, Senin, 30 Agustus 2004

 

Manado, Kompas - Kenyataan bahwa kehidupan para penggiat sastra, sastrawan, serta guru-guru bahasa dan sastra di Indonesia kurang mendapat dukungan dari pemerintah maupun masyarakat menjadi ironi jika melihat peran sastra sebagai sarana transformasi sosial budaya. Maka, Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (Hiski) mengajak pemerintah dan masyarakat bermitra memberdayakan pengajaran sastra dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

 

Pemberdayaan pengajaran sastra, serta dukungan terhadap penelitian-penelitian sastra dan penciptaan iklim yang menunjang kegairahan membaca, menulis, dan mengapresiasi sastra, merupakan tiga butir rekomendasi Musyawarah Nasional (Munas) VI Hiski, yang dirangkai dengan Konferensi Internasional Kesusastraan XV, di Manado. Kegiatan lima hari itu ditutup Jumat (27/8).

Sumber: Kompas, Jumat, 17 September 2004

 

DI layar televisi, seorang karyawan Hotel Indonesia yang sudah bekerja belasan tahun termenung di sudut ruang bangunan yang segera direnovasi itu. Tiga anaknya belum selesai sekolah. Ia membayangkan hari depannya, biaya sekolah anak-anaknya, kesejahteraan keluarganya, karena ia segera di-PHK.

 

Pemandangan itu hanyalah satu dari ribuan drama yang menyerbu tayangan televisi hampir setiap hari. Kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) mengancam siapa pun yang bekerja sebagai buruh atau karyawan di mana pun.

Sumber: Kompas, Sabtu, 06 November 2004

Maria Hartiningsih

 

Laporan Pembangunan Manusia Indonesia 2004 diluncurkan pada bulan Juli 2004, hampir bersamaan tanggalnya dengan peluncuran Laporan Pembangunan Manusia Global 2004 yang diterbitkan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

 

Namun, tema keduanya berbeda. Kalau tema dari Laporan Pembangunan Manusia Global 2004 adalah Cultural Liberty in Today’s Diverse World (Kemerdekaan Budaya di Tengah Keberagaman Dunia Saat ini), tema Laporan Pembangunan Manusia Indonesia (LPMI) 2004 adalah The Economics of Democracy: Financing Human Development in Indonesia (Hitungan Sebuah Demokrasi: Pembiayaan Pembangunan Manusia di Indonesia).