Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Data Global Forest Watch (GFW) mencatat hilangnya Tutupan Pohon di Lahan Gambut di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak, Riau. Hal ini berpotensi terhadap terjadinya kebakaran hutan yang berangsur lama. Jumlah hutan yang terdegrasi proporsinya jauh lebih banyak dibandingkan hutan murni. Perempuan yang tergantung pada kondisi hutan akan mengalami dampak yang berkepanjangan di masa mendatang. Laju deforestasi yang semakin cepat per tahunnya di picu oleh banyaknya izin konsesi yang diberikan pada perusahaan-perusahaan perkebunan dan kehutanan, mengakibatkan akses masyarakat terhadap hutan dan sumber daya alam juga semakin terbatas.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan lahan gambut tropis terbesar di dunia dengan luas mencapai 1,6 kali luas Pulau Jawa. Lahan Gambut terbentuk dari pembusukan material organik yang tertumpuk selama ribuan tahun.  Lahan gambut juga mampu menyimpan karbon 20 kali lipat lebih banyak dibandingkan hutan hujan tropis biasa.

 

Provinsi Riau, merupakan provinsi nomor dua setelah Papua yang memiliki kawasan gambut terluas di Indonesia. 45,71 % dari total luas daratan Riau merupakan Lahan Gambut. Namun, lebih dari 50% lahan gambut tersebut sudah di konversi untuk kepentingan budidaya dan sebagian besar lahan tersebut di konversi dengan metode membakar lahan.  

Pada tahun 2016, Women Research Institute melakukan studi terkait dampak kabut asap khususnya bagi perempuan di Pekanbaru. Berdasarkan hasil studi tersebut ditemukan bahwa tidak ada kebijakan yang jelas dan ketidakpastian upaya penanggulangan dari pemerintah menjadikan masalah kabut asap semakin berlarut-larut dan menimbulkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, dalam upaya meminimalisasi terjadinya dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, masyarakat perlu membangun sistem ketahanan komunitas untuk mencegah kebakaran hutan dengan meningkatkan peran mereka dalam mengawasi perubahan kondisi hutan di sekitarnya. Dengan adanya peningkatan kesadaran, masyarakat dapat berkontribusi melakukan upaya pencegahan sebelum kebakaran semakin menyebar.