Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Sumber: detikHealth, Rabu, 12 Desember2012

AN Uyung Pramudiarja

 

Kecenderungan remaja untuk nikah muda, baik dengan alasan dipaksa atau terpaksa karena hamil di luar nikah juga berdampak pada pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs). Salah satunya, Angka Kematian Ibu (AKI) sulit ditekan.

 

Sulitnya menekan AKI agar target MDGs sebesar 102 kasus per 100.000 kelahiran tercapai pada tahun 2015 diakui sendiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi. Meski menampakkan penurunan, namun tanpa adanya upaya yang lebih keras maka target MDGs diyakini tidak akan tercapai.

Sumber: detik.health.com

 

Pernikahan Muda Meningkatkan Kematian Ibu - Kecenderungan remaja untuk nikah muda, baik dengan alasan dipaksa atau terpaksa karena hamil di luar nikah juga berdampak pada pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs). Salah satunya, Angka Kematian Ibu (AKI) sulit ditekan.

 

Sulitnya menekan AKI agar target MDGs sebesar 102 kasus per 100.000 kelahiran tercapai pada tahun 2015 diakui sendiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi. Meski menampakkan penurunan, namun tanpa adanya upaya yang lebih keras maka target MDGs diyakini tidak akan tercapai.

Sumber: Okezone, Kamis, 13 Desember 2012 
Niken Anggun Nurani 


KEHAMILAN seharusnya merupakan anugerah tersendiri bagi pasangan yang bersangkutan. Namun kenyatannya, tidak jarang kehamilan pada sebagian wanita justru menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan mereka. Apa pasal?


Banyak wanita kesulitan meraih kehamilan, dan tidak jarang banyak juga yang mudah meraih kehamilan tersebut. Pada beberapa kasus, banyak wanita dengan mudahnya meraih kehamilan, bahkan ketika mereka tak menginginkannya. Di Indonesia sendiri, kasus seperti itu banyak terjadi, khususnya menyerang wanita di usia muda yang secara psikologis belum siap menerima kehadiran buah hati.

Sumber: Radar Jogja, 01 Februari 2012


WONOSARI – Angka Kematian Ibu Melahirkan (AKI) di Gunungkidul meningkat. Dari data Woman Research Institute (WRI) pada 2010 terjadi delapan kasus dan 2011 meningkat menjadi menjadi 12 kasus.


Staf lokal WRI Gunungkidul Tri Asmiyanto mengungkapkan, AKI selama empat tahun terakhir ada tren mengalami kenaikan. Kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Saptosari dengan empat kasus. Selanjutnya disusul Kecamatan Semin, Paliyan dan Kecamatan Wonosari. “Kasus terbaru di Kecamatan Wonosari,” kata Tri kemarin (31/1).

Sumber: detikHealth, Rabu, 12 Desember 2012 

AN Uyung Pramudiarja

 

Jakarta, Menikah di usia muda banyak ruginya bagi para remaja, khususnya remaja putri yang akhirnya banyak kehilangan kesempatan untuk sekolah lebih tinggi. Sayangnya kasus semacam ini masih banyak terjadi, contohnya di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

 

Kurangnya informasi dan pemahaman tentang kesehatan seksual dan reproduksi serta hak-hak yang menyertainya membuat sebagian remaja di Gunungkidul melakukan hubungan seks di usia sangat muda. Akibatnya banyak yang mengalami kehamilan tidak diinginkan dan terpaksa harus menikah di usia yang masih belia.