Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Angka pernikahan dini dan permohonan dispensasi nikah di Gunungkidul naik dalam beberapa tahun terakhir ini. Salah satu penyebabnya adalah kehamilan yang tidak diinginkan di kalangan remaja. Banyak faktor yang menyebabkan remaja melakukan hubungan seksual di usia sangat muda, salah satunya adalah karena kurangnya informasi, pengetahuan dan pemahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi seksual mereka.


Women Research Institute mencoba membedah fenomena ini dalam upaya mencari solusi agar remaja mendapatkan pemenuhan akan informasi kesehatan reproduksi serta hak-hak yang menyertainya. Karena terlihat jelas bagaimana kesehatan reproduksi remaja berkaitan erat dengan kemiskinan di Gunungkidul. Pengerjaan film pendek ini dimulai dipertengahan 2012 dan rampung pada Desember 2012. Film ini diluncurkan dalam acara Peluncuran Film dan Seminar Mengakhiri Pernikahan Dini dan Mengurangi AKI, 12 Desember 2012 

Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan di Indonesia masih cukup tinggi. Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu penyumbang tertinggi AKI di Indonesia.


Film ini mencoba memaparkan bagaimana keterbatasan fasilitas kesehatan dan infrastruktur jalan menjadi pemicu tingginya AKI di Lombok Tengah. Juga bagaimana Women Research Institute melalui program penguatan masyarakatnya mencoba membangun kesadaran pentingnya kesehatan reproduksi perempuan dalam upaya mengurangi AKI di Lombok Tengah. Pengerjaan film pendek ini dimulai dipertengahan 2012 dan rampung pada Desember 2012.