Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan Kesejahteraan Perempuan: Studi Kasus dari Lima Wilayah”.

Sejak 2007, Indonesia tercatat sebagai negara dengan angka kematian ibu (AKI) tertinggi di Asia Tenggara (UNFPA, 2012) dengan 228 kematian per 100.000 kelahiran hidup. Lima tahun kemudian, Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (2012) menunjukkan AKI di Indonesia berada pada angka 359 kematian per 100.000 kelahiran hidup. Angka tersebut tentu masih sangat jauh dari target kelima Millenium Development Goals, yaitu pada 2015 mencapai 102 kematian per 100.000 kelahiran hidup.

Policy Research ini merupakan laporan penelitian sekaligus rekomendasi WRI mengenai keterlibatan perempuan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dalam pembuatan kebijakan. Policy research ini merupakan sarana bagi WRI untuk menyampaikan masukan-masukan dari apa yang didapatkan agar kesetaraan dan keadilan gender, khususnya target kuota 30% perempuan dalam parlemen bisa terpenuhi. Penelitian Women Research Institute (WRI) melihat bagaimana proses keterlibatan perempuan anggota DPR-RI dalam pembuatan kebijakan, terutama dalam proses pembuatan kebijakan yang mengakomodir kebutuhan dan kepentingan perempuan (responsif gender). Melalui penelitian ini WRI juga menganalisis tingkat efektivitas penetapan kebijakan kuota 30%.

Policy Paper ini merupakan rumusan hasil penelitian WRI yang dilaksanakan selama 18 bulan. Adanya perdebatan di publik antara mereka yang mendukung pengesahan Rancangan Undang-undang Kesetaraan dan Keadilan Gender (RUU KKG) dengan mereka yang menentangnya, memicu WRI untuk mengadakan penelitian ini dan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang dianggap mampu menyamakan persepsi kesetaraan dan keadilan gender.

In the Shadow of Change adalah sebuah studi terhadap karya sastra yang diproduksi dan dikonsumsi di Indonesia. In the Shadow of Change merupakan satu tonggak penting dalam penulisan sejarah kesusastraan Indonesia. Melalui buku ini Tineke menyampaikan hasil penelitiannya selama 5 tahun, 1984 sampai 1989, sebuah pembacaan kembali terhadap 25 novel dan tiga cerita panjang dalam kurun waktu 5 dekade (1937 sampai 1986) dengan kacamata perempuan.

Buku ini merupakan hasil tesis yang berisi analisa wacana pada tiga level, level bahasa, institusi dan proses sosial, serta subjektivitas untuk memahami perebutan relasi kekuasaan dalam konstruksi dan dekonstruksi nasionalisme Aceh berlandaskan Islam. Tesis ini melihat tradisi lisan, yang dipraktikkan oleh perempuan Aceh masa kini, untuk memahami perlawanan yang dimainkan perempuan Aceh terhadap wacana yang membuang mereka dari wilayah politis.

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini