Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Policy Paper ini merupakan rumusan hasil penelitian WRI yang dilaksanakan selama 18 bulan. Adanya perdebatan di publik antara mereka yang mendukung pengesahan Rancangan Undang-undang Kesetaraan dan Keadilan Gender (RUU KKG) dengan mereka yang menentangnya, memicu WRI untuk mengadakan penelitian ini dan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang dianggap mampu menyamakan persepsi kesetaraan dan keadilan gender.

 

Indonesia telah mengakui pentingnya kesetaraan dan keadilan gender sejak disahkannya Konvensi mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan atau yang dikenal dengan CEDAW, pada tahun 1984. Sejak saat itu hingga sekarang beberapa kebijakan telah dibuat oleh pemerintah Indonesia, namun pelaksanaannya tidak dapat dilakukan dengan baik. Hal ini terlihat dari dua indikator Gender Inequality Index (GII) yaitu, Angka Kematian Ibu (AKI) dan persentase keterwakilan perempuan di parlemen nasional yang masih mengkhawatirkan.


Melalui policy paper ini, anggota legislatif, calon legislatif, dan masyarakat diajak untuk mengetahui lebih lanjut mengenai representasi politik perempuan di Indonesia. Policy paper ini berisi tentang latar belakang kebijakan responsif gender di Indonesia, persoalan-persoalan ketidakadilan gender yang dihadapi perempuan Indonesia, representasi politik perempuan dan kebijakan kesetaraan gender, dan rekomendasi kebijakan. Buku ini mengidentifikasi kebijakan-kebijakan responsif gender dan kaitannya dengan representasi politik perempuan serta implementasinya terhadap kehidupan perempuan di Indonesia. Diharapkan melalui penelitian ini dapat mendorong proses legalisasi RUU KKG menjadi UU KKG.

 

Penulis & Peneliti: Ayu Anastasia, Edriana Noerdin, Frisca Anindhita, Sita Aripurnami & Rahayuningtyas
Penerbit: Women Research Institute, 2014
Tebal: Viii + 55 halaman
ISBN: 978-602-9230-04-8

 

Download:

Policy Paper: Representasi Politik Perempuan: Rancangan Undang-undang Kesetaraan dan Keadilan Gender

 

Publikasi Terbaru

  • Laporan Penelitian:Kajian Mendalam Perbedaan Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan

    Yayasan Women Research Institute (WRI) dengan dukungan USAID CEGAH menyelenggarakan penelitian yang bertajuk Kajian Mendalam Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan di Provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018. Sektor kesehatan dipilih sebagai fokus dari sektor yang akan dikaji dalam penelitian ini karena pemerintah memiliki lebih banyak program kesehatan untuk perempuan dibandingkan laki-laki, misalnya program kesehatan reproduksi, program kesehatan untuk...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini