Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Artikel-artikel dalam Jurnal AFIRMASI merangkum kondisi serta posisi kiprah perempuan di ranah politik di Indonesia, yang dalam hal ini secara khusus adalah bidang politik formal. Istilah tindak afirmasi (affirmative action) misalnya, walau sudah dipakai hingga pada aras kebijakan nasional berupa kuota 30 persen perempuan (UU Pemilu 2003) sebagai salah satu kesuksesan aksi politik gerakan perempuan, ternyata masih menjadi kaidah yang cukup sulit bagi partai politik untuk menerjemahkannya ke dalam peraturan pada institusinya sendiri.

Jurnal AFIRMASI Vol. 2 berjudul “Gerakan Perempuan Bagian Gerakan Demokrasi di Indonesia” merupakan hasil penelitian Women Research Institute (WRI) yang berupaya memaparkan bukan saja mengenai organisasi perempuan dan kerjanya tetapi juga gambaran mengenai kepemimpinan perempuan yang dianggap sesuai dengan organisasi perempuan di Indonesia. WRI memilih lima wilayah penelitian yaitu Jakarta, Lampung, Sumatera Utara, Padang dan Lombok yang mewakili gambaran tentang upaya organisasi perempuan dalam mengatasi persoalan-persoalan perempuan di seputar kehidupan mereka. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran atas isu dan tantangan persoalan perempuan yang tengah atau akan dihadapi oleh organisasi perempuan.

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini