Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Sumatera Barat

Forum Pemangku Kepentingan diselenggarakan di tingkat kabupaten, yaitu di Kabupaten Pesisir Selatan dan Solok Selatan. Forum ini dihadiri oleh 15 unsur, yaitu anggota masyarakat dan unsur pemerintahan. Agenda utama dalam kegiatan forum pemangku kepentingan adalah untuk melakukan komunikasi perkembangan dan keberlanjutan program serta penyampaian kebutuhan kelompok terkait budidaya tanaman kakao dan pala kepada pemangku kepentingan dalam tahapan pembudidayaan dan pembuatan unit usaha. Selama program berlangsung, yaitu Juli 2016 – Desember 2017 telah dilaksanakan 3 kali forum pemangku kepentingan di wilayah kerja Sumatera Barat.

 

Kalimantan Barat

Kegiatan Forum Pemangku Kepentingan di lakukan pada level kabupaten, yaitu Kabupaten Sintang pada bulan Maret 2017 dan November 2017. Forum ini dihadiri oleh unsur masyarakat dan perwakilan perangkat desa, serta organisasi pemerintah daerah. Pada Forum Pemangku Kepentingan yang dilaksanakan pada November 2107, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sintang, Bapak Jarot Winarno. Disamping dukungan yang diberikan oleh Bupati, pihak-pihak perwakilan pemerintah juga menyatakan dukungan mereka dan menyatakan kesediaannya dalam membantu memfasilitasi kebutuhan kelompok.

Forum Pemangku Kepentingan Pesisir Selatan

Merasakan begitu banyak manfaat yang didapat dari program Pengelolaan Hutan Untuk kesejahteraan Perempuan, maka melalui forum ini anggota kelompok meminta komitmen dalam bentuk dukungan dan kontribusi dari pihak pemangku kepentingan baik dalam pembudidayaan ataupun pembangunan usaha produksi cokelat dan pala. Permintaan ibu-ibu anggota kelompok tersebut ditanggapi oleh para pemangku kepentingan sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Sehingga secara keseluruhan forum pemangku kepentingan tersebut berhasil mempertemukan masyarakat anggota kelompok dengan berbagai persoalannya dan para pemangku kepentingan dengan wewenang dan sumberdaya yang mereka miliki.

 

Forum Pemangku Kepentingan Solok Selatan

 Penyampaian kebutuhan anggota kelompok yang disampaikan secara langsung oleh perwakilan kelompok perempuan, menjadi momentum yang menarik untuk menjadi pembelajaran baik bagi pengorganisasian kelompok. Secara keseluruhan tujuan dari berbagi pengalaman dan melakukan advokasi kebutuhan bagi anggota kelompok melalui forum pemangku kepentingan ini telah mengajarkan kepada anggota kelompok bahwa mereka harus membiasakan diri untuk menegosiasikan kebutuhan-kebutuhan mereka dengan pemangku kepentingan lainnya.

 

Dokumen Lembar Fakta dapat diunduh pada tautan berikut:

1_Advokasi_Forum Pemangku Kepentingan Penunjang Produksi dan Pemasaran bagi Kelompok Perempuan

 

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini