Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Desa Pungkat, yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau merupakan desa yang dapat dicapai dengan waktu perjalanan 10 jam dari Pekanbaru. Akses dan fasilitas di Desa Pungkat terbatas pada jarak dan minimnya sarana-prasarana baik pada pelayanan umum maupun pelayanan kesehatan. Hal ini diperparah dengan masuknya perusahaan perkebunan kelapa sawit dan berdampak buruk pada akses masyarakat desa ke sumber daya alam. Salah satunya adalah air di sungai rawa yang dahulu bersih dan menjadi sumber kebutuhan air sehari-hari seperti mandi, mencuci dan mengambil air bersih untuk dikonsumsi kini tidak dapat digunakan lagi.

 

Masalah lain yang muncul adalah banyaknya serangan kumbang-kumbang terhadap perkebunan kelapa yang dimiliki masyarakat. Kumbang tersebut muncul dari sisa pohon yang membusuk setelah ditebang perusahaan dan tidak dibuang. Namun perusahaan maupun pemerintah tidak melakukan tindakan untuk mengatasi serangkn tersebut sehingga masyarakat yang gagal panen kelapa harus kehilangan mata pencahariannya. Kini, para perempuan membantu perekonomian keluarga dengan berjualan.

 

Dari hasil identifikasi oleh tim WRI, ditemukan bahwa perempuan di Desa Pungkat mengalami beberapa masalah, yaitu masalah kesehatan reproduksi, permasalahan ekonomian, dan dampak perkebunan kelapa sawit bagi lingkungan. Dari permasalahan tersebut,Riau Women Working Group (RWWG) didukung oleh Women Research Institute melakukan penelitian dan pendampingan di Desa Pungkat untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam upaya advokasi kesehatan dan hak reproduksi serta hak akses atas tanah konsesi hutan. Beberapa kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah pembentukan kelompok perempuan, peningkatan kapasitas anggota kelompok perempuan Pungkat, kegiatan Multi Stakholder Forum dan pendampingan rutin.

 

 Simak informasi lengkap hasil penelitian pada dokumen berikut: Lembar Fakta_Seri Kabut Asap_Studi Kasus

 

Publikasi Terbaru

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini