Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Sulit untuk menyangkal bahwa ada banyak perubahan yang terjadi di dunia sastra Indonesia dalam kurun lima tahun terakhir. Salah satu gejala perubahan yang sering muncul menjadi diskursus publik adalah lahirnya para penulis perempuan dengan karya-karya yang dianggap "menawarkan kebaruan", "laris di pasaran", dan beberapa "emansipatoris". Banyaknya pembahasan tentang karya para penulis perempuan memancing munculnya perdebatan tentang kualitas kritis dan emansipatoris dari karya-karya ini dalam kolom-kolom di media massa. Semuanya menjadi begitu riuh: banyak orang berbicara tentang perempuan, karya, dan intertekstualitas yang melingkupinya.

Undang-Undang Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah memberi kewenangan pada pemerintah daerah untuk menentukan kebijakan politik dan pengaturan keuangan. Di samping itu, pemerintah telah membuat peraturan hukum yang menyertakan pentingnya pengarusutamaan jender dalam GBHN 1999. Buku ini merupakan hasil analisis tekstual atas peraturan daerah yang dibuat oleh sembilan pemerintah daerah di Sukabumi, Tasikmalaya, Solok, Mataram, Nanggroe Aceh Darussalam, Gianyar, Kupang, Kendari, Samarinda, dan Kutai Barat, sejak diberlakukannya UU Otonomi Daerah tersebut. Analisis tekstual dilakukan untuk melihat implementasi pengarusutamaan jender dalam peraturan-peraturan daerah tersebut.

Nilai-nilai agama adalah jantung kehidupan sosial-budaya masyarakat Serambi Mekkah. Sebagai negeri yang ruang publiknya begitu diwarnai oleh nilai-nilai agama, maka budaya patriarkal merupakan jantung politiknya.

 

Belitan budaya patriarkal terhadap kehidupan ranah politik membuat peranan perempuan Aceh tersingkir dari ruang publik. Penyingkiran itu berlangsung dalam rangka memperebutkan legitimasi politik pemerintah (militer) dengan ulama dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

PEREMPUAN ikut terbawa arus urbanisasi dari desa ke kota. Mereka jadi buruh di pabrik-pabrik kawasan industri. Para buruh perempuan keluar dari alam dan lembah kerentanan ekonomi perdesaan, lalu bertahan hidup di kota yang asing bagi mereka. Sejumlah masalah yang sulit diatasi, kemudian muncul dalam relasi survivalitas yang unik antara perempuan asal desa dengan profesi buruh yang mereka sandang di kota.

 

Seperti kasus Enong (24), buruh perempuan asal Desa Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, yang bekerja di pabrik garmen di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Tanjung Priok, Jakarta (halaman 69-102). Enong hamil tapi mengalami keguguran. Kondisi buruh perempuan itu dilindungi UU Ketenagakerjaan No 13/2003. Tapi Pasal 82 ayat 2 UU itu memang hanya menyebut, “pekerja/buruh perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter atau bidan”. Jadi, bagian personalia di perusahaan tempatnya bekerja menampik untuk membayar upahnya selama Enong tidak bekerja saat kandungannya gugur.

Buku ini bisa menjawab beberapa hal, antara lain bagaimana nasionalisme Aceh dikonstruksi dan didekonstruksi secara historis. Bagaimana perempuan Aceh disertakan dan disingkirkan dari konstruksi nasionalisme Aceh, bagaimana bentuk-bentuk perlawanan yang ditunjukkan perempuan Aceh terhadap praktik penaklukan para ulama, GAM dan Pemerintah Indonesia.

 

Aceh dikenal juga sebagai daerah yang patriarkal dan juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional Islam, walaupun begitu Aceh juga dikenal dengan sejarah perempuannya yang tangguh, memimpin perang, memimpin kerajaan, serta memimpin angkatan laut, yang tiada duanya di dunia.

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini