Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Narasi Permasalahan Perempuan: Catatan bagi Kabinet Indonesia Maju

    Tulisan ini merupakan catatan kecil, yang mengajak kita semua untuk memikirkan apa saja permasalahan yang diharapkan menjadi perhatian kerja Kabinet Indonesia Maju. Apa sajakah permasalahan yang dihadapi oleh perempuan di Indonesia yang perlu menjadi perhatian?   Kekerasan terhadap Perempuan, termasuk Kawin Anak & Perdagangan Orang   Menurut Komnas Perempuan, jumlah kasus Kekerasan terhadap Perempuan (KtP) tahun 2018 adalah 406.178 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2017 sebesar 348.466 orang. Hal yang patut dicatat bahwa angka KtP di Indonesia cenderung meningkat setiap tahun. Hanya tahun 2016 mengalami penurunan tetapi meningkat kembali hingga tahun 2018.  

Berdasarkan studi Bank Dunia, wirausaha perempuan di Indonesia masih menghadapi kesenjangan gender yang serius dan seringkali  menghadapi lebih banyak tantangan dibandingkan dengan rekan pria mereka. Tantangan tersebut adalah kurangnya keterampilan kejuruan dan teknis, akses terhadap keuangan dan terbatasnya akses kepada teknologi informasi dan komunikasi. Tidak hanya itu, tantangan adanya korupsi juga menjadi salah satu penghalang utama bagi pemberdayaan perempuan.

 

Menanggapi hal tersebut, Agustus 2017, Alliance for Integrity memfasilitasi pembentukan Kelompok Kerja Wanita Wirausaha dan Professional (Women Entrepreneurs and Proffesionals Working Group) di Provinsi Jawa Barat. Untuk mempromosikan terjalinnya kerjasama pengusaha perempuan ini secara global, maka kelompok kerja telah membangun jaringan dan pertukaran dengan pengusaha perempuan dan jaringan profesional di negara aliansi lainnya (Argentina, Brazil, India dan Meksiko).

Publikasi Terbaru

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini