Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Keterwakilan Perempuan di Parlemen

    Hingga saat ini hanya ada sekitar 18 persen anggota parlemen perempuan di seluruh dunia. Padahal salah satu target penting Millenium Development Goals (MDGs) 2015 adalah keterwakilan kaum perempuan di parlemen. Target keterwakilan perempuan di parlemen menjadi amat penting ketika perempuan menjadi subjek yang memiliki otoritas dalam pembuatan kebijakan, selain untuk memenuhi target MDGs juga target pembangunan lainnya.

Sebagai upaya mendukung penelitian kebijakan publik, memperkuat advokasi berbasis keanggotaan Organisasi Masyarakat Sipil atau CSO, dan bekerja untuk memastikan bahwa proses legislatif menjadi lebih efektif, transparan dan mewakili kepentingan warga negara. Program Representasi (ProRep) memfasilitasi lembaga penerima dana ProRep untuk membentuk jaringan lembaga penelitian kebijakan publik (Policy Research Network/PRN). PRN beranggotakan lima Lembaga Penelitian yaitu LPEM (The Institute for Economic and Social Research – Faculty of Economics, University of Indonesia), PPPI (Paramadina Public Policy Institute – Paramadina University), WRI (Women Research Institute), IRE (Institute for Research and Empowerment), and CSIS (Centre for Strategic and International Studies).  

 

Dalam rangka mendukung manajemen PRN, seluruh anggota PRN termasuk Women Research Institute dalam hal ini diwakili Direktur Penelitian Edriana Noerdin melakukan kunjungan  ke Lembaga Penelitian Kebijakan Publik di Washington, Amerika Serikat. Kunjungan ini untuk belajar bagaimana mengelola sebuah jaringan penelitian dan bagaimana jaringan penelitian tersebut dapat mempengaruhi kebijakan publik. Dari kunjungan ini juga diharapkan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang sejauhmana proses dan hasil penelitian dapat mempengaruhi pembuatan kebijakan. Selain itu dapat belajar tentang pengalaman berbasis jaringan penelitian kebijakan dalam mengelola tantangan dan memanfaatkan kekuatan dan peluang dalam mempertahankan kehadiran jaringan dan pengaruhnya dengan pembuat kebijakan.

 

Lembaga Penelitian (think tank) yang dikunjungi adalah: 

The Urban InstituteUrban Institute melakukan penelitian, mengevaluasi program, menawarkan bantuan teknis luar negeri, dan melakukan pendidikan mengenai isu-isu sosial dan ekonomi dalam rangka mendorong kebijakan publik yang sehat dan pemerintahan yang efektif. Selain itu Urban Institute juga melakukan pendidikan dan pengetahuan tentang tantangan sosial dan ekonomi nasional, juga penelitian berbasis bukti untuk menganalisis masalah dan mencari tahu kebijakan dan program kerja yang terbaik, untuk siapa, dan bagaimana.

 

The International Center for Research on Women (ICRW), ICRW merupakan lembaga penelitian yang bekerja untuk membuat perempuan di negara-negara berkembang ikut andil dalam upaya-upaya mengurangi kemiskinan global. Hasil penelitian ICRW diharapkan berdampak pada meningkatnya penghormatan terhadap hak-hak asasi perempuan, menjamin kesetaraan gender dan menciptakan kondisi di mana semua perempuan dapat berkembang.

 

 
     
 
     
 
     
 
     
 
     
 
     

Publikasi Terbaru

  • Laporan Penelitian:Kajian Mendalam Perbedaan Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan

    Yayasan Women Research Institute (WRI) dengan dukungan USAID CEGAH menyelenggarakan penelitian yang bertajuk Kajian Mendalam Dampak Korupsi Sektor Kesehatan pada Laki-laki dan Perempuan di Provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018. Sektor kesehatan dipilih sebagai fokus dari sektor yang akan dikaji dalam penelitian ini karena pemerintah memiliki lebih banyak program kesehatan untuk perempuan dibandingkan laki-laki, misalnya program kesehatan reproduksi, program kesehatan untuk...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini