Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Indonesia telah meratifikasi Konvensi PBB tentang Hak Anak pada tanggal 5 September 1990 dan Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) pada tahun 1984. Ratifikasi tersebut mendemonstrasikan komitmen dan upaya Pemerintah Indonesia untuk mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan. Namun demikian, sejumlah kebijakan dan perundang-undangan serta kesenjangan dalam pengimplementasiannya masih kerap menjadi penghambat dalam upaya pemenuhan hak perempuan dan anak perempuan.

 

 

Lebih lanjut lagi, berbagai aspek berbeda yang secara kompleks mempengaruhi kehidupan perempuan dan anak perempuan menunjukkan kebutuhan akan riset interseksi yang menggambarkan secara komprehensif situasi terkini mengenai situasi perempuan dan anak perempuan di Indonesia. Riset tersebut berperan penting dalam upaya memahami perkembangan berbagai sektor yang terkait dengan kehidupan perempuan dan anak perempuan, serta memetakan sejumlah perkembangan, kesenjangan, serta kekurangan dalam upaya meningkatkan taraf hidup perempuan dan anak perempuan. Oleh karena itu, Women Research Institute didukung oleh kerjasama penelitian dengan Korean Women's Development Institute melakukan kajian situasional situasi terkini perempuan dan anak perempuan di Indonesia pada sektor pendidikan, kesehatan, kekerasan dan kerentanan/praktik berbahaya. Kajian yang dilakukan di tahun 2017 ini memberikan gambaran bagaimana perempuan dan anak perempuan masih menghadapi banyak tantangan untuk mendapatkan hak-haknya dalam sektor pendidikan, kesehatan, kasus kekerasan dan praktik berbahaya lainnya yang dialami. 

 

Hasil penelitian selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut : Situation Analysis on Girls and Young Women in Indonesia